Jl. Letjen S Parman 35 Yogyakarta -  Telp : 0274- 373427 -  WhatsApp : 082137955032;081333911533 - Pin BBM : 5A21C2F7 -Email : hadisukirno@gmail.com

Artikel Terbaru
Artikel Populer
Kategori Artikel
Wayang Kulit Solo
Wayang Kulit Jogja
Wayang Golek
Wayang Klithik
Souvenir Kulit
Souvenir Kayu
Souvenir Keramik
Souvenir Logam
Souvenir Kain
Handicraft
Souvenir Custom
Souvenir Fiber
Accesories
Souvenir Gelas
Souvenir Anyaman
Gamelan
Alat Musik Tradisional
Pakaian Adat - Tari
Koleksi Hadisukirno
 
 

Coklat di Hari Pernikahan

Menjadikan coklat sebagai tanda cinta dan kasih sayang merupakan suatu hal yang sangat jarang orang lakukan, karena biasanya orang menggunakan barang yang bisa digunakan seperti gantungan kunci, pembatas buku, dan masih banyak lainnya untuk dijadikan souvenir pernikahan.

Sebelum anda memutuskan untuk memilih coklat menjadi souvenir pernikahan alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu sejarah coklat. Coklat pertama kali ditemukan di Amerika. Menurut bukti-bukti arkeologi ditemukan keramik dengan  resida minuman kakao disitus arkeologi peradapan Makaya dan Olmec disepanjang sungai Orinoco. Pada tahun 600 M, coklat merupakan simbol status, hal ini terbukti dengan ditemukannya bejana keramik di dalam makam bangsawan dari suku Maya, kemudian barulah menyebar ke seluruh dunia, salah satunya Indonesia yang merupakan negara terbesar ketiga penghasil Coklat setelah Pantai Gading dan Ghana.

Setelah tahu sejarah coklat, mari kita lihat kandungan-kandungan yang terdapat di dalam coklat hingga makanan ini menjadi simbol cinta kasih. Coklat mengandung antioksida Flavonoids yang sangat bermanfaat bagi kesehatan serta mengandung Phenylethylamine yang mampu menimbulkan perasaan bahagia dan mood yang baik. Mood yang baik pastinya membuat perasaan penuh cinta dan berbunga-bunga yang tentunya juga akan mempengaruhi hubungan anda dan pasangan anda.

Cara menyimpan coklat:

  • Simpan coklat ditempat yang kering dan dingin, atau dengan suhu ruangan 16-18oC, karena penyimpanan dibawah 13oC akan menyebabkan terjadinya bercak putih dan berkeringat. Apabila disimpan dalam suhu yang terlalu tinggi akan menyebabkan perubahan kandungan lemak karena panas serta permukaan terlihat berminyak dan lengket.
  • Apabila pembungkus telah dibuka, rapatkan kembali pembungkusnya, sehingga udara tidak bisa masuk, atau pindahkan pada kotak atau toples kedap udara.
  • Hindari menyimpan coklat dalam lemari es, kecuali jika anda tidak memiliki ruangan ber AC.
  • Coklat yang disimpan dengan baik akan bertahan kurang lebih 1 tahun, walaupun sudah ada bercak putih, selagi belum melampaui tanggal kadaluwarsa coklat masih baik untuk digunakan.


Adapun tips memilih coklat yang baik yaitu:

  • Pilih coklat yang kandungan gulanya rendah.
  • Hindari white coklat karena pada umumnya hanya terbuat dari cocoa, butter, gula dan vanila.
  • Hindari coklat yang kandungan cocoa powdernya sangat sedikit.


Setelah diketahui cara memilih coklat, cara menyimpan coklat serta manfaat dari coklat, tidak ada salahnya coklat anda jadikan souvenir pernikahan anda untuk berbagi kebahagiaan lewat coklat yang pastinya akan menyenangkan, apalagi jika coklat tersebut dikemas secantik mungkin pasti cocok untuk dijadikan souvenir pernikahan.


Dibaca : 1241 Kali
Tanggal Posting :
Pengirim :