Jl. Letjen S Parman 35 Yogyakarta -  Telp : 0274- 373427 -  WhatsApp : 082137955032;081333911533 - Pin BBM : 5A21C2F7 -Email : hadisukirno@gmail.com

Artikel Terbaru
Artikel Populer
Kategori Artikel
Wayang Kulit Solo
Wayang Kulit Jogja
Wayang Golek
Wayang Klithik
Souvenir Kulit
Souvenir Kayu
Souvenir Keramik
Souvenir Logam
Souvenir Kain
Handicraft
Souvenir Custom
Souvenir Fiber
Accesories
Souvenir Gelas
Souvenir Anyaman
Gamelan
Alat Musik Tradisional
Pakaian Adat - Tari
Koleksi Hadisukirno
 
 

Dewi Dewayani

Wanita Cantik putri Begawan Sukra. Pada masa remajanya, Dewi Dewayani jatuh cinta pada Kaca atau Sangkaca ,putra Begawan Wrehaspati. Namun cinta Dewayani hanya bertepuk sebelah tangan karena Kaca adalah seorang brahmanacarya yang tidak menyentuh wanita seumur hidupnya.

Suatu ketika, karena suatu pertengkaran, Dewayani didorong oleh seorang gadis remaja lainnya yang bernama Dewi Sarsmita, sehingga jatuh masuk ke dalam sumur. Yang menjadi pangkal pertengkaran adalah karena masing-masing merasa lebih tinggi derajatnya. Dewayani anak brahmana, sedangkan Dewi Sarsmita anak raja. Untunglah beberapa saat kemudian, Dewayani ditolong oleh Prabu Yayati yang kebetulan lewat di dekat sumur itu.

Karena terpikat akan kecantikan dan budi pekerti putri Brahmana itu, sang prabu lalu melamar Dewi Dewayani. Resi Sukra mengizinkan putrinya diperistri Prabu Yayati dengan dua syarat. Pertama, Dewi Dewayani harus menjadi permaisuri tunggal. Selain itu, Prabu Yayati tidak boleh berolah asmara dengan wanita lain, selain dengan Dewi Dewayani. Syarat itu disetujui Prabu Yayati.

Secara kebetulan, setelah Dewi Dewayani menjadi permaisuri, Prabu Yayati ternyata mengangkat Dewi Sarsmita menjadi dayang istana, melayani segala keperluan Dewi Dewayani. Kesempatan ini digunakan Dewayani untuk membalas dendam. Ia memperlakukan Dewi Sarsmita dengan buruk dan kejam.

Namun beberapa tahun kemudian, setelah Dewayani mempunyai dua orang putra, yaitu Yadu dan Trawasu, ia baru tahu bahwa Prabu Yayati ternyata melanggar janji. Secara diam-diam sang Raja ternyata berolah asmara dengan Dewi Sarsmita, dayang istana yang amat dibencinya, sehingga membuahkan tiga orang anak.

Karena merasa dikhianati, Dewi Dewayani mengadu pada Begawan Sukra, sang pertapa marah karena perbuatan menantunya itu, dan mengutuk Prabu Yayati menjadi seorang jompo. Kutukan itu terbukti, sehingga seketika itu juga, Prabu Yayati yang semula tampan dan gagah berubah ujud menjadi seorang tua renta penuh keriput dan tanpa daya.


sumber : Ensiklopedi Wayang Indonesia

Tokoh Wayang Lainnya :

Dewi Gangga

Dewi Durgandini


Dibaca : 1596 Kali
Tanggal Posting :
Pengirim :