Jl. Letjen S Parman 35 Yogyakarta -  Telp : 0274- 373427 -  WhatsApp : 082137955032;081333911533 - Pin BBM : 5A21C2F7 -Email : hadisukirno@gmail.com

Artikel Terbaru
Artikel Populer
Kategori Artikel
Wayang Kulit Solo
Wayang Kulit Jogja
Wayang Golek
Wayang Klithik
Souvenir Kulit
Souvenir Kayu
Souvenir Keramik
Souvenir Logam
Souvenir Kain
Handicraft
Souvenir Custom
Souvenir Fiber
Accesories
Souvenir Gelas
Souvenir Anyaman
Gamelan
Alat Musik Tradisional
Pakaian Adat - Tari
Koleksi Hadisukirno
 
 

Kreasi Gantungan Kunci dari MDF

Gantungan kunci merupakan alat untuk menggantungkan kunci. Gantungan kunci bisa dibuat dari berbagai macam bahan, seperti kulit binatang, kayu, MDF ( Medium Density Fibreboard ), kain atau bisa juga dari bahan bekas seperti plastik bekas bungkus makanan.

Untuk proses pembuatan gantungan kunci dari masing-masing bahan sebenarnya secara garis besar sama. Kali ini, hadisukirno ingin berbagi langkah-langkah pembuatan gantungan kunci dari bahan dasar MDF.

MDF merupakan produk kayu olahan yang dibuat dari mogok kayu/bubuk serat kayu. MDF umumnya lebih padat dari kayu lapis. Banyak perangkat rumah tangga atau kantor yang dibuat dari bahan MDF. Produk kerajinan pun sekarang sudah banyak yang menggunakan MDF sebagai bahan dasarnya. Salah satunya adalah gantungan kunci dan tempelan/magnet kulkas.

Kelebihan dari souvenir berbahan MDF adalah harga relatif murah, selain itu MDF memiliki permukaan yang halus sehingga souvenir yang dihasilkan pun terlihat lebih rapi, halus dan menarik. Sedangkan untuk kekurangannya, bila bahan ini tidak dicat atau dilapisi dengan benar, maka souvenir yang dihasilkan  akan mudah berjamur jika terkena percikan air atau berada pada suhu yang lembab.

Langkah-langkah dalam pembuatan kreasi MDF :

  • Gambar pola kreasi souvenir pada media MDF dengan pensil
  • Gergaji sesuai dengan pola yang telah dibuat dengan gergaji tangan/ mesin
  • Berikan cat dasar dengan lem kayu dan Kalsium (berupa tepung yang bisa beli ditoko  bahan bangunan, yang terkadang juga untuk campuran semen putih, selain itu juga digunakan untuk keperluan ngecat/plamir) dicampur dengan perbandingan 1:1, dengan ditambah air secukupnya.
  • Cat dengan warna sesuai keinginan. Untuk mereknya saya sarankan merek astro, karena bisa diterapkan dalam berbagai media.
  • Agar kreasi souvenir lebih menarik, taburkan gliter saat cat masih basah, agar gliter bisa menempel dengan baik ( Saat menaburkan gliter bisa menggunakan saringan the, agar lebih merata.
  • Langkah terakhir, berikan ring/gantungan kunci pada souvenir gantungan kunci atau magnet pada tempelan kulkas. Kini souvenir siap di kemas.


Dibaca : 1679 Kali
Tanggal Posting :
Pengirim :