Jl. Letjen S Parman 35 Yogyakarta -  Telp : 0274- 373427 -  WhatsApp : 082137955032;081333911533 - Pin BBM : 5A21C2F7 -Email : hadisukirno@gmail.com

Artikel Terbaru
Artikel Populer
Kategori Artikel
Wayang Kulit Solo
Wayang Kulit Jogja
Wayang Golek
Wayang Klithik
Souvenir Kulit
Souvenir Kayu
Souvenir Keramik
Souvenir Logam
Souvenir Kain
Handicraft
Souvenir Custom
Souvenir Fiber
Accesories
Souvenir Gelas
Souvenir Anyaman
Gamelan
Alat Musik Tradisional
Pakaian Adat - Tari
Koleksi Hadisukirno
 
 

Narasuma Jogja

Salya atau Narasoma adalah salah satu tokoh yang muncul dalam wiracarita Mahabharata. Ia adalah raja kerajaan Madra dan merupakan kakak dari Dewi Madri istri Pandu. Saat perang besar di Kurukhsetra ia terkena jebakan Korawa, sehingga ia terpaksa berperang melawan para Pandawa.

Menurut versi Mahabharata, Salya adalah putera dari raja kerajaan Madra yang bernama Artayana. Ia memiliki adik perempuan bernama Madri yang kemudian menjadi istri kedua Pandu, raja Hastinapura. Salya juga sering disebut Artayani , hal itu merujuk kepada nama ayahnya. Salya kemudian menjadi pewaris takhta kerajaan Madra setelah ayahnya meninggal.

Salya memiliki dua orang putra bernama Rukmarata dan Rukmanggada, namun ibu dari kedua putera itu tidak diketahui dengan jelas. Sedangkan menurut Bharatayuddha, Salya memiliki istri bernama Satyawati dan dari perkawinan itu, mereka dikaruniai seorang putera bernama Rukmarata. Sedangkan menurut pewayangan Jawa, raja kerajaan Mandaraka yang bernama Mandrapati memiliki dua orang anak bernama Narasoma dan Madrim. Narasoma kemudian menggantikan ayahnya menjadi raja Mandaraka dan bergelar Salya. Ia juga sering disebut dengan Prabu Salyapati. Sedangkan, adiknya, Madrim menjadi istri kedua Pandu, dan merupakan ibu dari si kembar Nakula dan Sadewa.

Salya menikah dengan Setyawati dan dikaruniai lima orang anak. Yang pertama adalah Erawati istri Baladewa, yang kedua adalah Surtikanti istri Karna. Yang ketiga adalah Banowati istri Doryudana. Yang keempat adalah Burisrawa, dan yang terakhir adalah Rukmarata.


Dibaca : 90 Kali
Tanggal Posting :
Pengirim :