Jl. Letjen S Parman 35 Yogyakarta -  Telp : 0274- 373427 -  WhatsApp : 082137955032;081333911533 - Pin BBM : 5A21C2F7 -Email : hadisukirno@gmail.com

Artikel Terbaru
Artikel Populer
Kategori Artikel
Wayang Kulit Solo
Wayang Kulit Jogja
Wayang Golek
Wayang Klithik
Souvenir Kulit
Souvenir Kayu
Souvenir Keramik
Souvenir Logam
Souvenir Kain
Handicraft
Souvenir Custom
Souvenir Fiber
Accesories
Souvenir Gelas
Souvenir Anyaman
Gamelan
Alat Musik Tradisional
Pakaian Adat - Tari
Koleksi Hadisukirno
 
 

Patih Udawa

Patih Udawa, resminya adalah anak Demang Antagopa dari Widarakandang, sedangkan ibunya bernama Nyai Segopi. Namun, sesungguhnya ia adalah putera Prabu Basudewa, raja Mandura. Waktu remaja, Basudewa terlibat hubungan asmara dengan Ken Sayuda ( nama Nyai Segopi di waktu muda ), seorang wanita penghibur istana. Untuk menajaga nama baik kerabat kerajaan, Ken Sayuda kemudian dikawinkan dengan Demang Antagopa. Sesudah lahir, anak itu diberi nama Udawa, dan diakukan sebagai anak Antagopa.

Waktu Kresna menjadi raja Negara Dwarawati, Udawa diangkat menjadi patihnya. Pada saat Baratayuda, Patih Udawa terpaksa berperang di pihak Kurawa, sesuai dengan janji Kresna pada Duryudana. Dan, karena sebenarnya Udawa lebih berpihak kepada Pandawa, dalam Baratayuda, ia tidak aktif.


Udawa berumur panjang. Ia tetap hidup sampai Baratayuda usai. Ia gugur ketika ditugasi Prabu Kresna menggempur Kerajaan Sriwedari untuk membunuh Prabu Arjunapati. Dalam perang tanding di antara keduanya, Udawa dan Arjunapati sumpyuh, gugur keduanya.

Namun dalam Kitab Mahabarata, kisah kematian Udawa diceritakan karena ikut dalam perkelahian bangsa Yadawa akibat mabuk, yang kemudian memusnahkan bangsa Yadawa di Dwarawati. Peristiwa tragis itu terjadi sebagai akibat kutukan Batara Narada kepada Samba, putera Prabu Kresna.

Patih Udawa beristrikan Dewi Antipati (Antiwati), puteri bungsu Patih Sengkuni.

Dalam seni kriya Wayang KUlit Purwa, Udawa dutampilkan dalam dua wanda, yakni wanda Jaran dan wanda Tandang. Ia sering ditampilkan sebagau oatih teladan, dan selalu berusaha memuaskan rajanya.


Dibaca : 3479 Kali
Tanggal Posting :
Pengirim :