Jl. Letjen S Parman 35 Yogyakarta -  Telp : 0274- 373427 -  WhatsApp : 082137955032;081333911533 - Pin BBM : 5A21C2F7 -Email : hadisukirno@gmail.com

Artikel Terbaru
Artikel Populer
Kategori Artikel
Wayang Kulit Solo
Wayang Kulit Jogja
Wayang Golek
Wayang Klithik
Souvenir Kulit
Souvenir Kayu
Souvenir Keramik
Souvenir Logam
Souvenir Kain
Handicraft
Souvenir Custom
Souvenir Fiber
Accesories
Souvenir Gelas
Souvenir Anyaman
Gamelan
Alat Musik Tradisional
Pakaian Adat - Tari
Koleksi Hadisukirno
 
 

Pembuatan dan Kelebihan Souvenir Keramik

Souvenir keramik menjadi salah satu kerajinan souvenir yang diminati calon pengantin untuk dijadikan souvenir pernikahan mereka. Selain harganya realatif murah, souvenir dari bahan tanah liat ini pun ramah lingkungan dan banyak pilihan jenisnya, seperti asbak, tempat lilin, tempat sabun, hiasan meja, tempat pensil, empat kartu nama dan masih banyak lainnya.

Souvenir dari bahan tanah liat ini, di daerah Yogyakarta, pembuatannya masih dengan cara tradisional. Proses pembuatan souvenir gerabah kurang lebih sebagai berikut ;

  • Proses Pembentukan

Tanah liat yang sudah digiling dan siap digunakan, selanjutnya dibentuk sesuai dengan model souvenir yang diinginkan. Proses pembentukannya bisa menggunakan cetakan langsung dan menggunakan alat pemutar. Namun sebagain besar souvenir keramik dibuat dengan cetakan.

  • Proses Pengeringan/Penjemuran

Setelah tanah terbentuk sesuai keinginan, proses selanjutnya adalah pengeringan. Souvenir-souvenir setengah jadi itu dijemur di bawah terik matahari hingga menjadi keras dan benar-benar kering.

  • Proses Pembakaran

Setelah souvenir benar-benar kering, selanjutnya souvenir-souvenir tersebut dikumpulkan dalam suatu tempat/tungku pembakaran.  Souvenir dari tanah liat itu dibakar selama beberapa jam, hingga benar-benar mengeras. Tujuan dari proses ini adalah agar gerabah tidak mudah pecah. Bahan bakar gerabah-gerabah itu dari jerami kering, daun kepala kering dan juga kayu bakar. Proses pembakaran jangan sampai terlalu lama karena gerabah akan menjadi terlalu keras dan menjadi pecah-pecah.

  • Proses Finishing/ Pengecatan

Gerabah yang telah dibakar dan mengeras, selanjutnya adalah proses pewarnaan/pengecatan.  Souvenir di cat sesuai keinginan dan permintaan si calon pengantin kemudian didiamkan hingga kering.

Setelah souvenir keramik yang telah dicat bener-benar kering, souvenir siap dikemas/dipacking agar tampilannya lebih bagus dan menarik. 


Dibaca : 1693 Kali
Tanggal Posting :
Pengirim :