Jl. Letjen S Parman 35 Yogyakarta -  Telp : 0274- 373427 -  WhatsApp : 082137955032;081333911533 - Pin BBM : 5A21C2F7 -Email : hadisukirno@gmail.com

Artikel Terbaru
Artikel Populer
Kategori Artikel
Wayang Kulit Solo
Wayang Kulit Jogja
Wayang Golek
Wayang Klithik
Souvenir Kulit
Souvenir Kayu
Souvenir Keramik
Souvenir Logam
Souvenir Kain
Handicraft
Souvenir Custom
Souvenir Fiber
Accesories
Souvenir Gelas
Souvenir Anyaman
Gamelan
Alat Musik Tradisional
Pakaian Adat - Tari
Koleksi Hadisukirno
 
 

Souvenir Bertemakan Wayang

Wayang merupakan suatu karya seni tradisional Indonesia yang sangat indah, tidak hanya diakui di dalam negeri namun juga di negara lain. Bahkan pertunjukkan wayang kulit sudah diakui UNESCO sebagai warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur.

Mungkin generasi sekarang sudah banyak yang mulai melupakan wayang, karena sudah tergerus oleh perkembangan zaman. Dikhawatirkan bila terus seperti itu, wayang akan dilupakan oleh pemiliknya sendiri, masyarakat Indonesia.

Melestarikan budaya dan karya seni itu menjadi hal yang wajib kita lakukan agar kita tidak kehilangan karya seni dan budaya, ciri khas bangsa kita. Hal itu bisa kita lakukan dari hal kecil, misalnya saja dalam bentuk souvenir atau hadiah.

Dalam suatu acara pernikahan atau event perusahaan pastinya akan banyak tamu undangan yang hadir, tentu saja souvenir sudah menjadi barang wajib sebagai symbol ungkapan terimakasih kita kepada para tamu undangan.

Nah, di kesempatan itu, tidak ada salahnya bukan, kita mengangkat kembali dan mengenalkan karya seni Indonesia melalui souvenir. Apalagi bila tamu undangan yang hadir ada yang dari luar daerah atau luar negeri misalnya. Itu sangat membantu sekali untuk mengenalkan karya seni wayang yang saat ini mulai dilupakan.Souvenir dalam bentuk wayang ini bisa dalam bentuk pembatas buku, kipas, gantungan mobil, gantungan kunci, atau juga wayang mini.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan hadiah bertemakan wayang misalnya kepada orang tua, rekan kerja, atasan atau sahabat Anda yang ada di luar negeri . Setiap karakter tokoh wayang memiliki sifat dan makna tersendiri di dalamnya. Misalnya Anda ingin memberikan hadiah untuk atasan Anda, Anda bisa memberikan wayang Kresna, yang terkenal sebagai raja yang bijaksana. Atau Anda ingin memberikan hadiah pernikahan untuk sahabat Anda, sepasang tokoh Wayang Rama-Shinta atau Kamajaya-Dewi Ratih bisa menjadi hadiah yang bagus, karena kedua pasang tokoh wayang tersebut adalah lambang kesetiaan dan kerukunan antara suami/istri/sepasang kekasih.

Souvenir bertemakan wayang ini biasanya dibuat dari kulit binatang, seperti kulit kambing, sapi dan kerbau. Selain unik, souvenir wayang ini juga terlihat lebih esklusif dan elegan.


Dibaca : 1620 Kali
Tanggal Posting :
Pengirim :