Jl. Letjen S Parman 35 Yogyakarta -  Telp : 0274- 373427 -  WhatsApp : 082137955032;081333911533 - Pin BBM : 5A21C2F7 -Email : hadisukirno@gmail.com

Artikel Terbaru
Artikel Populer
Kategori Artikel
Wayang Kulit Solo
Wayang Kulit Jogja
Wayang Golek
Wayang Klithik
Souvenir Kulit
Souvenir Kayu
Souvenir Keramik
Souvenir Logam
Souvenir Kain
Handicraft
Souvenir Custom
Souvenir Fiber
Accesories
Souvenir Gelas
Souvenir Anyaman
Gamelan
Alat Musik Tradisional
Pakaian Adat - Tari
Koleksi Hadisukirno
 
 

Anjani

Anjani adalah putri sulung dari Resi Gotama dan Dewi Indradi yang merupakan seorang bidadari keturunan Batara Asmara. Anjani memiliki dua orang saudara kandung yang bernama Subali / Guwarsi dan Sugriwa / Guwarsa. Anjani memiliki paras yang sangat cantik mempesona, dia juga memiliki Cupu Manik Astagina pemberian ibunya. Jika Cupu dibuka maka akan terlihat segala peristiwa yang terjadi diangkasa dan dibumi hingga lapis ketujuh yang tampil secara berganti dari pemandangan satu kepemandangan lainnya seperti kejadian nyata, Sehingga yang melihatnya seolah berkelana mengelilingi Mayapada.

Suatu hari, Saudara Anjani yaitu Subali dan Sugriwa memergoki Anjani yang sedang asyik bermain dengan Cupu Manik yang dimilikinya. Subali dan Sugriwa ingin meminjam Cupu yang dimiliki oleh Anjani, namun Anjani menolak untuk meminjamkan Cupu yang dimilikinya. Kemudian Subali dan Sugriwa mengadu kepada ayahnya akan hal ini hingga akhirnya Anjani dipanggil oleh Resi Gotama.

Dewi indradi yang merupakan ibu dari Anjani dan memberikan Cupu tetap membisu serta tidak mau mengaku dari mana ia mendapatkan Cupu Manik. Karena Murka, Resi Gotama akhirnya melempar Cupu Manik keudara yang kemudian diperebutkan oleh ketiga anaknya yaitu Anjani, Subali dan Sugriwa. Cupu Manik yang dilempar oleh Resi Gotama jatuh ke hutan dan terpecah menjadi dua bagian. Tutup Cupu berubah menjadi telaga Sumala sedangkan mangkuk Cupu berubah menjadi telaga Nirmala. ketiga saudara itupun tetap mengejar hingga akhirnya masuk kedalam telaga Sumala dan berubah wujud menjadi kera. 


Dibaca : 1458 Kali
Tanggal Posting :
Pengirim :