Jl. Letjen S Parman 35 Yogyakarta -  Telp : 0274- 373427 -  WhatsApp : 082137955032;081333911533 - Pin BBM : 5A21C2F7 -Email : hadisukirno@gmail.com

Artikel Terbaru
Artikel Populer
Kategori Artikel
Wayang Kulit Solo
Wayang Kulit Jogja
Wayang Golek
Wayang Klithik
Souvenir Kulit
Souvenir Kayu
Souvenir Keramik
Souvenir Logam
Souvenir Kain
Handicraft
Souvenir Custom
Souvenir Fiber
Accesories
Souvenir Gelas
Souvenir Anyaman
Gamelan
Alat Musik Tradisional
Pakaian Adat - Tari
Koleksi Hadisukirno
 
 

Jenis Kain yang Cocok untuk Busana Pengantin

Hari pernikahan adalah hari yang istimewa yang anda lalui dalam hidup anda. Untuk membuat hari istimewa anda terlihat sempurna bagi anda dan orang lain, tentunya banyak hal yang perlu diperhatikan, diantaranya yaitu bahan yang dipakai dalam pembuatan gaun pengantin. ada beberapa jenis kain yang cocok untuk membuat busana pengantin yaitu :

1. Kain Satin

Kain Satin terkesan mewah, karena kain dengan jenis ini bertekstur mengkilat, lembut serta memiliki sifat jatuh yang anggun. Hal ini karena kain Satin terbuat dari sutra atau campuran serat sintetis, sehingga kain Satin memiliki banyak variant. Jenis kain ini tidak direkomendasikan untuk gaya busana yang melekat ketubuh karena akan memberikan efek gerah pada tubuh.

2. Kain Chiffon 

Kain Chiffon memiliki karakter tipis, transparan, ringan, bersifat melayang serta lembut, namun jenis kain ini mudah sekali kusut sehingga lebih baik digunakan untuk selendang atau kerudung saja.

3. Kain Georgette

Serat yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kain Georgette ini lebih bertekstur jika dibandingkan dengan kain Chiffon, sehingga memberikan kesan seperti bergerak sendiri. Namun kekurangan dari jenis kain Georgette ini sedikit lebih sulit untuk dijahit jika dibandingkan dengan jenis kain Chiffon, sehingga diperlukan keterampilan khusus dalam membuat pakaian dengan bahan dasarn jenis kain Georgette ini.

4. Kain Organza

Jenis kain Organza biasanya digunakan untuk membuat gaun pengantin dengan model bagian tangan menggelembung, karena bentuk garis dan lipatan sudah memberikan kesan indah sehingga tidak perlu menambahkan kain lainnya.

5. Kain Tulle

Jenis kain Tulle ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu berbentuk seperti jaring dengan permukaan berlubang-lubang. Biasanya kain dengan jenis ini digunakan untuk lapisan bagian luar gaun.

6. Kain Dupioni

Kain Dupioni memiliki tekstur fisik agak kasar bila diraba, namun sering sekali digunakan untuk busana pengantin, hal ini karena mudah diaplikasikan untuk potongan busana yang terkesan elegan

7. Kain Taffeta

Kain dengan jenis Taffeta ini sangat cocok untuk membuat gaun dengan model rok penuh.



Dibaca : 4320 Kali
Tanggal Posting :
Pengirim :