Jl. Letjen S Parman 35 Yogyakarta -  Telp : 0274- 373427 -  WhatsApp : 082137955032;081333911533 - Pin BBM : 5A21C2F7 -Email : hadisukirno@gmail.com

Artikel Terbaru
Artikel Populer
Kategori Artikel
Wayang Kulit Solo
Wayang Kulit Jogja
Wayang Golek
Wayang Klithik
Souvenir Kulit
Souvenir Kayu
Souvenir Keramik
Souvenir Logam
Souvenir Kain
Handicraft
Souvenir Custom
Souvenir Fiber
Accesories
Souvenir Gelas
Souvenir Anyaman
Gamelan
Alat Musik Tradisional
Pakaian Adat - Tari
Koleksi Hadisukirno
 
 

Punakawan

Punakawan adalah para pembantu dan pengasuh setia Pandawa dalam wayang kulit, Punakawan ini paling sering muncul dalam goro-goro, yaitu babak pertunjukan yang seringkali berisi sebuah lelucon namun mengandung nasehat. Dalam cerita wayang versi Jawa Tengah dan Jawa Timur tokoh Punakawan yaitu Semar, Gareng, Petruk, Bagong dan Togog, namun dalam versi Banyumas, tokoh wayang bertambah satu yaitu Bawor.

Punakawan ini menggambarkan karakter khas dalam wayang Indonesia yang menggambarkan sifat orang kebanyakan. Karakter dari Punakawan ini juga bermacam-macam ada yang menjadi penasihat para ksatria, penghibur, kristis dan bahkan ada yang menjadi sumber kebijakan  dan kebenaran.

Dalam cerita punakawan biasanya tokoh Semar selalu menjadi panutan atau orang yang bijak, tokoh Gareng biasa berperan sebagai pencair suasana, Bagong yang suka berlagak bodoh, Petruk yang suka menyindir saat orang berbuat salah dan lainnya.

Tokoh-tokoh ini bisa juga digunakan sebagai media untuk menasehati atau mensosialisasikan sebuah peraturan. hal ini dikarenakan pertunjukan wayang merupakan sebuah hiburan, namun sarat akan makna, sehingga penikmat secara perlahan diajak kearah yang lebih baik. misalnya saja, sosialisasi peraturan lalu lintas, untuk mengajak orang agar tertib dalam berlalu lintas.


Dibaca : 1311 Kali
Tanggal Posting :
Pengirim :