Jl. Letjen S Parman 35 Yogyakarta -  Telp : 0274- 373427 -  WhatsApp : 082137955032;081333911533 - Pin BBM : 5A21C2F7 -Email : hadisukirno@gmail.com

Artikel Terbaru
Artikel Populer
Kategori Artikel
Wayang Kulit Solo
Wayang Kulit Jogja
Wayang Golek
Wayang Klithik
Souvenir Kulit
Souvenir Kayu
Souvenir Keramik
Souvenir Logam
Souvenir Kain
Handicraft
Souvenir Custom
Souvenir Fiber
Accesories
Souvenir Gelas
Souvenir Anyaman
Gamelan
Alat Musik Tradisional
Pakaian Adat - Tari
Koleksi Hadisukirno
 
 

Wayang Gambuh

Wayang merupakan suatu bentuk karyaseni yang sangat digemari serta diyakini memiliki arti  dan makna yang sangat penting didalam kehidupan masyarakat pendukungnya. Selain merupakan sarana suatu acara keagamaan bagi masyarakat pendukungnya, pertunjukan wayang kulit juga merupakan suatu hiburan serta media komunikasi dalam masyarakat. 


Wayang Gambuh khususnya merupakan salah satu jenis wayang bali yang langka. Pada dasarnya adalah pertunjukan wayang kulit yang melakonkan cerita Malat, seperti wayang panji yang ada dijawa. Karena lakon pada pola acuan pertunjukan adalah Dramatari Gambuh, maka dalam banyak hal Wayang gambuh merupakan pementasan Gambuh melalui wayang kulit.


Tokoh-tokoh yang tampil ditransfer dari tokoh-tokoh penggambuhan, demikian pula gamelan pengiring serta bentuk ucapan-ucapannya. Konon perangkat wayang Gambuh, yang kini tersimpan di Blahbatuh, adalah pemberian dari raja mengwi yang bergelar I Gusti agung sakti Blambangan, yang membawa wayang dari tanah Jawa (Blambangan) setelah menaklukan Raja Blambangan sekitar tahun 1634. 


sumber : Seni Pertunjukan bali. oleh I Wayan


Dibaca : 825 Kali
Tanggal Posting :
Pengirim :